Rabu, 02 Januari 2013

Pengalaman mendaki gunung tertinggi di pulau jawa

saya dan condet pencinta alam berencana berangkat tanggal 12 september 2010. sela sebelum berangkat pada tanggal 11 saya melakukan persiapan dan packing barang-barang di basecamp kami. kami berangkat 6 org dari jakarta.  pada keesokannya kami berangkat ke stasiun senen pada pukul 11.00 wib untuk menuju kota malang menggunakan kereta api walupun naik kereta ekonomi (irit ongkos). sialnya sampai sana kereta sudah dipenuhi oleh penumpang yang ingin mudik. hingga kami harus menunggu hingga ada kereta tambahan tiba pada pukul 16.00 wib.

setelah kereta tiba kami pun langsung berebut bangku dengan penumpang lain untuk mendapat kan kursi. kami pun mendapat kursi di gerbong paling belakang. singkat cerita kereta pun berangkat. selama d'perjalanan kami bercanda , mengobrol dengan penumpang lain. tidak terasa kereta sudah sampai kota malang pada pukul 16.05 wib (tanggal 13 september 2010). karena sudah sore kami pun tidak mungkin untuk langsung menuju kekai gunung semeru.

sehingga kami pun menginap d'rumah warga yang profesinya berjualan sayuran. keesokan pagi nya kami pun berbelanja bebagai logistik untuk di gunung semeru. setelah berbelanja kami pun berangkat menuju kaki gunung semeru pada pukul 06.00 wib yang bernama desa ranu pane. setelah sampai di sana kami pun registrasi di pos penjagaan taman nasional bromo tengger semeru. untuk mendapat kan izin pendakian.

setelah beres dengan registrasi kami pun siap melakukan pendakian. kami pun melakukan doa bersama yang dipimpin oleh heru dotus bahari. akhirnya kami berjalan untuk menaklukan gunung semeru. di perjalanan menuju pos 1 kami hanya melihat kanan kiri kami hanya ada hutan lebat. tidak terasa sudah 1 jam perjalanan kami pun sampai di pos 1, lalu kami beristirahat sejenak. setelah beristirahat 20 menit kami pun lanjut mendaki lagi. hingga pos 3.  perjalan dari pos 1  hingga pos 3 sangat jauh dan sedikit menanjak. hingga memakan waktu 2jam.

sesampainya di pos 3 kami langsung menuju basecamp perisrirahatan pendaki gunung. singkat cerita kamipun sampai di ranu kumbolo. lalu kami mendirikan tenda untuk bermalam disitu. pada saat malam tiba kami pun membuat api unggun dan memasak ala kadar nya. setelah makan dan ngobrol kami pun tertidur dengan lelap. walupun suhu sangat dingin. disaat pagi tiba kami pun melihat matahari terbit disela - sela bukit (sunrise). momen itu kami tidak lewat kan unutuk berfoto - foto. pada pukul 13.00 wib kami mempacking barang lalu melanjukan perjalanan.

perjalan kali ini cukup sulit karena jalan nya menanjak. kami melewata tanjakan cinta (konon jika menajak tnjakan itu tidak behenti dan tidak menengok kebelakang keinginan nya akan dikabuli). setelah tanjakan cinta kami melalui padang rumput yang sangat luas yang disebut oro - oro ombo. rumput di padang itu sampai setinggi kepala manusia.

setelah oro -oro ombo kami melewati blog jambangan. disitu terdapat padang edelweis yang sangat luas. tak terasa kami berjalan akhir nya sampai di pos terakhir yang di sebut pos kalimati. kami sampai di pos kali mati pada pukul 15.20 wib. lalu kami mendirikan tenda dan beristirahat.

pada dini hari sekitar pukul 1 kami pun berjalan menuju puncak mahameru. disini baru kami menumukan kesulitan. dimana tanjakan yang sangat terjal dan di kiri kanan kami terdapat jurang yang dalam. setelah 1 jam perjalan dari kalimati kami pun sampai di orcopodo. 2 aca kecil yang terdapat digunung semeru. kami terus melakukan perjalan yang menanjak tiada habis nya. selama perjalan kami banyak melihat banyak tugu korban hilang dan meninggal di gunung semeru.

akhir nya kami sampai di trek berpasir yang sangat menyiksa dan sangat menanjak.
kemiringan trek itu mencapai 45 derajat. dengan berjalan 2 langkah turun 1 langkah (karena merosot di pasir itu). namun itu kami tetap semangat untuk melalui nya. akhir nya kami mencapai puncak tertiggi gunung semeru pada pukul 07.25 wib. dipuncak mahameru kami pun berfoto dengan rasa bahagia. kami pun terharu dengan keindahan alam yang diciptakan oleh allah swt. dipuncak gunung ada yang teriak,menangis atas keindahan nya,dan bernyanyi.setelah itu semua kami pun bergegas pulang.