Kamis, 18 April 2013

MAKALAH BAHASA INDONESIA


UNIVERSITAS GUNADARMA
SISTEM INFORMASI

PENULISAN ILMIAH
APLIKASI KUMPULAN LAGU
UNTUK ANAK-ANAK BERBASIS ANDROID






                                      








Nama            : Bobby kurniawan
Npm                : 11110430
Kelas               : 3ka19












KATA PENGANTAR

            Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas penyertaan dan anugerah-Nya Penulisan Ilmiah yang berjudul “Aplikasi Kumpulan Lagu untuk Anak-Anak Berbasis Android” ini dapat diselesaikan.
            Adapun maksud dan tujuan penulisan ilmiah ini disusun adalah guna melengkapi syarat menyelesaikan jenjang D-III atau setara sarjana muda pada jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma.
            Penulis dapat menyelesaikan penulisan ilmiah ini adalah berkat bantuan dan dukungan dari berbagai pihak serta keteguhan hati penulis, meskipun banyak hambatan yang dihadapi oleh penulis, namun semua menjadi pelajaraan dan pengalaman yang berkesan.
           


Jakarta,18 April 2013


Penulis




                                                                                                                                                            



DAFTAR ISI

                                                                                        
BAB I PENDAHULUAN ............................................................................   1
            1.1. Latar Belakang Masalah .............................................................   1
            1.2. Batasan Masalah ........................................................................   1
            1.3. Tujuan Penulisan ........................................................................   1
           
BAB II  LANDASAN TEORI .....................................................................   2
            2.1.      Teori Dasar / Umum ..............................................................  2
                        2.1.1. Multimedia ..................................................................  2
                        2.1.2. Pengertian Multimedia..................................................  2
           
BAB IV PENUTUP .....................................................................................  3         
            4.1. Kesimpulan.................................................................................  3                                  4.2. Saran .........................................................................................  3

DAFTAR PUSTAKA ...................................................................................  4



BAB I
PENDAHULUAN


1.1              Latar Belakang Masalah

                Handphone sekarang ini bukan lagi menjadi barang yang superior. Penggunanya sudah mencakup berbagai kalangan mulai dari pekerja kantor(pelaku bisnis), ibu rumah tangga, pelajar, sampai anak-anak kecil sudah diajarkan bagaimana menggunakan handphone. Saat ini, telepon genggam sudah menjadi gadget yang multifungsi. Mengikuti perkembangan teknologi digital, kini ponsel juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur, seperti bisa menangkap siaran radio dan televisi, perangkat lunak pemutar audio (MP3) dan video, kamera digital, game, dan layanan internet (WAP, GPRS, 3G). Selain semua fitur tersebut, fungsi handphone sekarang sudah seperti komputer mini karena dilengkapi dengan fitur komputer.
            Seiring berkembangnya zaman, bukan hanya teknologi saja yang berkembang pesat tetapi juga kebudayaan. Dalam bidang seni dan budaya perubahan zaman berdampak sangat besar salah satunya kepada lagu-lagu untuk anak. Sayangnya perubahan itu ke arah yang negatif, jika melihat pada era tahun 1990-an masih banyak lagu-lagu untuk anak yang mendidik dengan nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya. Namun saat ini sangat memprihatinkan, anak-anak tidak lagi bernyanyi lagu untuk anak seusia mereka. Akibatnya anak usia dini pada era ini lebih mengenal lagu bertema percintaan dan sangat sedikit yang familar dengan lagu-lagu anak kecil yang sesuai dengan usia mereka.
            Berawal dari keprihatinan penulis akan hal ini, maka penulis berkeinginan untuk membuat sebuah aplikasi mobile berbasis android untuk mempermudah anak usia dini mengenal kembali musik dan lagu yang sesuai dengan usia mereka. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis membuat judul yaitu “Aplikasi Kumpulan Lagu untuk Anak- Anak Berbasis Android”.

1.2            Batasan Masalah

                Berdasarkan latar belakang  masalah di atas, maka yang menjadi batasan masalah pada aplikasi mobile ini adalah pada aplikasi ini hanya terdapat 12 content lagu anak-anak dalam bahasa Inggris dan Indonesia masing-masing berisi 6 lagu berbahasa Indonesia dan 6 lagu dalam bahasa Inggris dilengkapi dengan teks atau lirik lagu di setiap lagunya.

1.3            Tujuan Penulisan

            Tujuan penulisan ini secara umum adalah untuk mengenalkan anak-anak usia dini kepada lagu-lagu yang sesuai untuk usia mereka, adapun penulisan ini diperuntukkan kepada anak balita (bayi di bawah lima tahun) sampai anak berusia 7 tahun.

BAB II
LANDASAN TEORI


2. 1            Teori Dasar / Umum
2. 1.1      Multimedia
            Secara etimologis multimedia berasal dari bahasa latin multi yang berarti banyak, bermacam-macam, dan medium  yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Kata medium juga diartikan sebagai alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi. Sehingga multimedia dapat diartikan sebagai media yang menggabungkan dua unsur atau lebih yang terdiri dari teks, gambar, grafis, foto, audio, video dan animasi secara terintegrasi.
            Istilah multimedia pertama kali dikenal pada dunia teater, yang mempertunjukan pergelaran dengan menggunakan gerak, musik, dan monitor video untuk menambah dramatisasi suatu cerita. Sekarang multimedia dikenal dengan panduan dari hasil gambar atau image, grafik, teks, suara video TV dan animasi, sehingga menjadi suatu karya yang dapat dinikmati secara audio visual. Umumnya orang juga mengenal multimedia sebagai sistem dari personal komputer atau PC yang berkembang pesat dewasa ini. Dalam perkembangannya multimedia ini sangat membantu terhadap kegiatan manusia, diantaranya dalam pengajaran, latihan pembuatan manufaktur, sedang dalam sistem perekonomian, banyak digunakan untuk kegiatan promosi penjualan.

2. 1.2      Pengertian Multimedia
            Multimedia merupakan media komunikasi dan informasi dengan mengkombinasikan antara teks, grafik, video dan animasi yang digunakan untuk menyampaikan suatu pesan tertentu melalui media komputer dan peralatan elektronik lainnya (VCD, proyektor, dan video). Pengertian lain multimedia menurut beberapa ahli multimedia dipaparkan sebagai berikut:
a.       Menurut Schurman, multimedia adalah kombinasi antara grafik, animasi, teks, video dan suara dalam suatu media yang mampu berinteraksi dengan pengguna.
b.      Jeffcoate mendefinisikan multimedia sebagai suatu sistem sebuah komunikasi, multimedia sebagai satu kesatuan sistem yang menggunakan berbagai ketentuan berkomunikasi (atau media).
c.       Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002 dalam Wijaya, 2010).
d.      Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001 dalam Wijaya, 2010).
e.       Multimedia  dalam  konteks  komputer  menurut  Hofstetter  (dalam  Wijaya, 2010) adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
f.        Multimedia sebagai  perpaduan antara teks, grafik,  sound, animasi, dan video untuk menyampaikan pesan kepada publik (Wahono, 2007  dalam Wijaya, 2010).
g.       Multimedia  merupakan  kombinasi  dari data teks, audio,  gambar, animasi, video, dan interaksi (Zeembry, 2008 dalam Wijaya, 2010).
h.        Multimedia (sebagai kata sifat) adalah media elektronik untuk menyimpan dan  menampilkan  data-data  multimedia  (Zeembry,  2008  dalam  Wijaya, 2010).




BAB IV
PENUTUP

3.1       Kesimpulan
            Setelah melakukan proses implementasi terhadap aplikasi Kumpulan Lagu Anak Berbasis Android ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa aplikasi ini dapat berguna untuk anak-anak usia dini mulai dari 3 sampai 7 tahun agar dapat mengenal lagu-lagu untuk anak seusia mereka serta melakukan pendidikan dini melalui lagu-lagu anak tersebut melalui aplikasi ini.
            Dalam pembuatan program ini penulis menggunakan Eclipse Indigo, dan Android versi 2.3.3. Aplikasi mobile ini memuat 12 lagu anak, 6 lagu berbahasa Indonesia dan 6 lagu berbahasa Inggris, serta terdapat lirik untuk setiap lagunya.

3.2       Saran
            Secara keseluruhan aplikasi ini masih sangat sederhana dan masih banyak kekurangannya  sebab masih banyak fasilitas yang belum diterapkan. Aplikasi ini baru memuat 12 lagu-lagu untuk anak, pada pengembangannya diharapkan bisa lebih banyak lagi dan dapat menggunakan video sebagai fasilitas lainya.
                                                                                                                      Demikian kiranya saran yang dapat penulis sampaikan. Semoga  aplikasi  mobile  ini  dapat berguna dan lebih baik lagi dalam pengembangan nantinya.




DAFTAR PUSTAKA

1.      Ems, Tim. 2012. PANDUAN CEPAT PEMROGRAMAN ANDROID. Jakarta : ELEX MEDIA KOMPUTINDO.
2.      F, Priyanta. 2011. PEMROGRAMAN ANDROID. Jakarta : CERDAS PUSTAKA PUBLISHER.
3.       Kadir,Abdul. 2004. DASAR PEMROGRAMAN JAVA 2. Yogyakarta : ANDI.
4.       Safaat, Nazruddin. 2010. PEMROGRAMAN APLIKASI MOBILE SMARTPHONE DAN TABLET PC. Bandung : INFORMATIKA BANDUNG.
5.      Winarno, Edi. 2011. MEMBUAT SENDIRI APLIKASI ANDROID UNTUK PEMULA. Jakarta : ELEX MEDIA KOMPUTINDO.
6.      Android

URL: http://agusharyanto.net/wordpress/?cat=3

12 Maret 2012, 13:47
7.      Lagu Anak Indonesia
URL:
http://id.wikibooks.org/wiki/Lirik Lagu-lagu Anak Indonesia#Bintang Kejora
16 Mei 2012, 22:35
8.      Lagu-Lagu Anak Berbahasa Inggris
      16 Mei 2012, 23:40
9.      Lirik Lagu Twinkle Little Star
      16 Mei 2012, 23:50
10.  Pengertian Multimedia
URL: http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=pengertian%20multimedia%20menurut%20para%20ahli&source=web&cd=5&ved=0CE8QFjAE&url=http%3A%2F%2Fabstrak.digilib.upi.edu%2FDirektori%2FSKRIPSI%2FFPMIPA%2FPEND._ILMU_KOMPUTER%2F0608515_PENGGUNAAN_MULTIMEDIA_INTERAKTIF_UNTUK_MENINGKATKAN_KEMAMPUAN_MEMBACA_PERMULAAN_ANAK_TUNARUNGU%2FBAB_II.pdf&ei=XO3-T6SBPdHPrQfq7sTSBg&usg=AFQjCNHUXlPb10fUrDRxaLkqwPo11pSqQA&cad=rja
13 Juni 2012, 22:36



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar